REDESAIN KANTOR CAMAT BALIKPAPAN SELATAN

Nama Proyek : DED Perbaikan Kantor Camat Balikpapan Selatan
Lokasi Proyek : Jalan Manuntung Kompleks Korpri Sepinggan Balikpapan
Luas Tanah/Bangunan :-
Perencanaan Tahun : 2014
Arsitek prinsipal : Hasan M, ST. IAI
3D Visual Artist : Hasan M, ST. IAI
Client : DPU Cipta Karya Kota Balikpapan - CV. Rumah Kutai


Perspektif Kantor Camat Balikpapan Selatan

Kantor Camat Balikpapan Selatan ini telah terbangun dan difungsikan beberapa tahun lalu hingga kini, namun ada beberapa kendala/permasalahan yang terjadi di bagian dalam/interior bangunan. Pada beberapa ruang di dalam bangunan terdapat genangan air di akibat dari rembesan air hujan di luar bangunan yang masuk melalui kanopi beton bagian atas ventilasi dan sisi-sisi ventilasi/kusennya setelah Kami/Arsitek melakukan survey lokasi.

Dalam contoh kasus/permasalahan seperti ini sering terjadi pada bangunan-bangunan yang mengambil konsep minimalis di iklim tropis seperti Indonesia pada umumnya dan atau terkhusus kota Balikpapan Kalimantan Timur yang curah hujannya lumayan lebat pada musimnya, hal tersebut merupakan suatu tantangan bagi Arsitek dalam mendesain dengan konsep minimalis, modern, contemporery, dan konsep-konsep lain yang dominan di ilhami dari daerah/negara-negara yang iklimnya berbeda dengan Indonesia (bukan beriklim tropis).

Adapun solusi yang Arsitek tawarkan dalam menyelasaikan bentuk permasalahan yang terjadi pada bangunan Kantor Camat Balikpapan Selatan ini yaitu;
1. Untuk permasalahan yang terjadi pada kanopi beton adalah dengan melakukan screeding/penebalan yang di miringkan kearah luar dari dinding di atas dak beton/top floor, Sehingga air yang awalnya tertampung di kanopi beton tadi tersebut langsung mengalir keluar kanopi beton. (baik dari air hujan maupun dari air buangan AC)
2.  Untuk permasalahan yang terjadi pada sisi-sisi ventilasi/kusen adalah dengan menambah lebar kanopi jendela/kusen kearah luar (mengikuti kanopi eksisting), membuat Sun Shading di bagian luar ventilasi/kusen. Sehingga air yang awalnya masuk mengaliri sisi-sisi ventilasi/kusen tadi dapat di halangi oleh sun shading yang di buat.

Solusi tersebut Arsitek ambil tanpa mengurangi nilai estetika dari desain Arsitek sebelumnya.

Komentar

Postingan Populer