JEMBATAN PENGHUBUNG KANTOR CAMAT BALIKPAPAN SELATAN

Nama Proyek : DED Jembatan Penghubung Kantor Camat Balikpapan Selatan
Lokasi Proyek : Jalan Manuntung Kompleks Korpri Sepinggan Balikpapan
Luas Tanah/Bangunan :-
Perencanaan Tahun : 2014
Arsitek prinsipal : Hasan M, ST. IAI
3D Visual Artist : Hasan M, ST. IAI
Client : DPU Cipta Karya Kota Balikpapan - CV. Rumah Kutai

Perspektif Jembatan Penghubung Kantor Camat Balikpapan Selatan

Kantor Camat Balikpapan Selatan yang terletak di Kompleks Korpri Sepinggan Balikpapan, awalnya telah terbangun dengan 2 (dua) massa bangunan yaitu Bangunan Kantor Camat dan Bangunan Aula. Kedua bangunan tersebut di bangun bersebelahan tanpa adanya jembatan sebagai penghubung keduanya, oleh karenanya kami di undang untuk membantu di CV. Rumah Kutai dalam merencanakan jembatan tersebut yang bisa menghubungkan antara lantai 2 gedung Kantor dan lantai 2 gedung Aula nya.

Dasar pemikiran dalam mendesain Jembatan Penghubung tersebut adalah bagaimana menerapkan sebuah desain jembatan yang bisa menyatukan kedua bangunan tanpa mengurangi nilai estetika dari desain Arsitek sebelumnya dan tidak menambah beban dari bangunan yang telah ada. Desain awal dominan menggunakan garis-garis horisontal, vertikal dan diagonal tersebut merupakan tantangan bagi arsitek untuk tetap menjaga irama desain agar tetap berkesan menyatu.

Berdasar dari pemikiran diatas Arsitek berusaha menyajikan desain Jembatan yang tak hanya berfungsi sebagai penghubung kedua bangunan akan tetapi mampu menyatu dengan bangunan sebelumnya dan sebagai penambah estetika bangunan yang telah ada serta dapat di multifungsikan untuk hal lainnya.

Struktur jembatan di desain terpisah dari bangunan yang ada agar beban dari jembatan tidak menambah beban bangunan yang ada dengan pemakaian baja di harapkan bisa cepat dalam pelaksanaannya dan bisa berkesan menyatu dengan bangunan kantor dan aula tersebut serta memungkinkan meminimalisir bongkaran di sekitarnya. Pemakian atap kaca yang di lapisi sanblast doff sebagai pelindung dari panas sekaligus juga dapat memberi kesan luas ketika berada di jembatan, rangka atap yang menyatu dengan kolom-kolom jembatan sengaja di desain demikian sebagai estetika sekaligus sebagai pengarah dan penahan beban atap serta penahan railing dan kisi-kisi sebagai pengaman.

Komentar

Postingan Populer