REDESAIN AULA KANTOR CAMAT BALIKPAPAN SELATAN

Nama Proyek : DED Perbaikan Aula Kantor Camat Balikpapan Selatan
Lokasi Proyek : Jalan Manuntung Kompleks Korpri Sepinggan Balikpapan
Luas Tanah/Bangunan :-
Perencanaan Tahun : 2014
Arsitek prinsipal : Hasan M, ST. IAI
3D Visual Artist : Hasan M, ST. IAI
Client : DPU Cipta Karya Kota Balikpapan - CV. Rumah Kutai


Perspektif Aula Kantor Camat Balikpapan Selatan

Letak Aula tepat di samping kanan gedung Kantor Camat Balikpapan Selatan ini telah terbangun dan difungsikan beberapa tahun lalu hingga kini, namun ada beberapa kendala/permasalahan yang terjadi di bagian dalam/interior bangunan. Pada beberapa ruang di dalam bangunan terdapat genangan air di akibat dari rembesan air hujan di luar bangunan yang masuk melalui dak beton/top floor bagian atas dan sisi-sisi jendela/kusennya setelah Kami/Arsitek melakukan survey lokasi.

Dalam contoh kasus/permasalahan seperti ini sering terjadi pada bangunan-bangunan yang mengambil konsep minimalis di iklim tropis seperti Indonesia pada umumnya dan atau terkhusus kota Balikpapan Kalimantan Timur yang curah hujannya lumayan lebat pada musimnya, hal tersebut merupakan suatu tantangan bagi Arsitek dalam mendesain dengan konsep minimalis, modern, contemporery, dan konsep-konsep lain yang dominan di ilhami dari daerah/negara-negara yang iklimnya berbeda dengan Indonesia (bukan beriklim tropis).

Adapun solusi yang Arsitek tawarkan dalam menyelasaikan bentuk permasalahan yang terjadi pada bangunan Aula Kantor Camat Balikpapan Selatan ini yaitu;
1. Untuk permasalahan yang terjadi pada dak beton/top floor adalah dengan melakukan screeding/penebalan yang di miringkan kearah luar dari dinding di atas dak beton/top floor, pada area luar dak beton/top floor di buat dinding tanggulan setinggi kurang lebih 15-25 cm dan di sisi dalam dinding tanggulan di buat parit-parit pengarah air dari dak beton/top floor serta pada beberapa titik parit di buat roof drain untuk menyalurkan air yang mengalir/tertampung di dak beton / top floor ke parit di bawah. Sehingga air yang awalnya mengalir/tertampung di dak beton / top floor tadi tersebut tidak lagi melewati dinding luar bangunan. (baik dari air hujan maupun dari air buangan AC)
2.  Untuk permasalahan yang terjadi pada sisi-sisi jendela / kusen adalah dengan menambah lebar kanopi jendela/kusen kearah luar (mengikuti kanopi eksisting), membuat Sun Shading di bagian luar jendela/kusen, dan pada sisi bawah jendela/kusen bagian luar di bevel/potong sisi luarnya lebih rendah dari sisi yang dekat dengan jendela/kusen serta pada sisi bawah jendela/kusen bagian dalam di buat screeding/penebalan lebih tinggi kurang lebih 1-2cm dari jendela/kusen bagian bawah. Sehingga air yang awalnya masuk mengaliri sisi-sisi jendela/kusen tadi dapat di halangi oleh screeding yang di buat dan dapat mengalir keluar karena adanya beveling yang dibuat.

Solusi tersebut Arsitek ambil tanpa mengurangi nilai estetika dari desain Arsitek sebelumnya.


Komentar




  1. Saya doakan semoga usahanya laris manis , dan biar cepat tambah laris, cobalah gunakan desain blogspot yang bertuah dan di percaya bisa meningkatkan penjualan hingga 300% ini , Klik saja Jasa Desain Web Blog Murah , Desain sesuai bisnis anda, gratis subdomain dan hosting unlimited , sekali bayar untuk selamanya, proses cepat murah dan mudah. Klik saja Jasa Desain Web Blog Murah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer