MUSOLLAH KANTOR CAMAT BALIKPAPAN SELATAN

Nama Proyek : DED Musollah Kantor Camat Balikpapan Selatan
Lokasi Proyek : Jalan Manuntung Kompleks Korpri Sepinggan Balikpapan
Luas Tanah/Bangunan :-
Perencanaan Tahun : 2014
Arsitek prinsipal : Hasan M, ST. IAI
3D Visual Artist : Hasan M, ST. IAI
Client : DPU Cipta Karya Kota Balikpapan - CV. Rumah Kutai


Perspektif View 01 Musollah Kantor Camat Balikpapan Selatan


Perspektif View 02 Musollah Kantor Camat Balikpapan Selatan


Perspektif View 03 Musollah Kantor Camat Balikpapan Selatan


Perspektif View 04 Musollah Kantor Camat Balikpapan Selatan


Perspektif Interior Musollah Kantor Camat Balikpapan Selatan


Letak Musollah tepat di belakang gedung Kantor Camat Balikpapan Selatan ini di Desain dengan kesan simetris antara gedung kantor dan gedung aula agar tercipta kesan se Irama dan se Laras.

Dasar pemikiran dalam mendesain  Musollah tersebut adalah bagaimana menerapkan sebuah desain Musollah yang menyatu dengan kedua bangunan tanpa mengurangi nilai estetika dari desain Arsitek sebelumnya.

Berdasar dari pemikiran diatas Arsitek berusaha menyajikan desain Musollah yang tak hanya berfungsi sebagai wadah ibadah untuk ummat muslim yang bekerja di kantor camat balikpapan selatan melainkan juga untuk ummat mualim di sekitarnya. Dari arah luar Musollah di desain kotak mengikuti bangunan kantor dan aula agar terksesan satu bagian dari massa bangunan yang ada, sedangkan di bagian dalam Musollah di desain mengikuti arah Kiblat. Desain Pintu Musollah di beri aksen Kaligrafi lafas Lailahaillallah dan jendela di beri aksen Kaligrafi lafas Allah di sisi kanan dan Muhammad di sisi kiri selain berfungsi sebagai pencipta karakteristik Musollah berfungsi pula sebagai jalur sirkulasi angin di tambah lagi dengan kisi-kisi angin pada jendela dengan arah vertikal serta pada bagian atas yang berdekatan dengan plafond di beri roster yang di susun horisontal dan vertikal selain menambah nilai estetika Musollah di harapakan dapat menambah sirkulasi angin di dalam ruangan Musollah agar Musollah dapat meminimalisir penggunaan penghawaan buatan (AC dan Kipas angin) yang tentunya dapat menghemat biaya listrik.

Komentar

Postingan Populer