M.M.S. house

Nama Proyek : Rumah Tinggal Pribadi
Lokasi Proyek : Kota Ternate Maluku Utara
Luas Tanah / Bangunan : 200 / 300m2
Perencanaan Tahun: 2014
Arsitek Prinsipal :  Hasan M, ST IAI
3D Artist visual : Hasan M, ST IAI
Client : Musda Mulyani S, S.Si

Pra Desain
Perspektif Fasade (right view)

Lokasi site area kanan depan di manfaatkan sebagai ruang terbuka taman sebagai penyejuk ketika terik matahari menyengat sekaligus sebagai filterisasi polusi udara sehingga angin menghembus yang ke dalam rumah menjadi segar dan alami.


Perspektif Fasade (centre view)

Site bagian tengah di fungsikan sebagai Bangunan Utama. Tanah yang langsung berhadapan dengan jalan di buat sebagai lahan parkir atau carport, penutup carport di cor beton dan di tanami rumput gajah mini yang berfungsi sebagai penghijauan sekaligus sebagai ruang santai sambil menikmati keindahan gunung Gamalama.

Perspektif Fasade (left view)

Area kiri di buat ruang terbuka taman sebagai pelindung ruang-ruang yang berada di area depan rumah

Desain Akhir
 
Perspektif Fasade (left view)

Perspektif Fasade (centre view)

Perspektif Fasade (right view 01)

Perspektif Fasade (right view 02)

KONSEP villa pada desain rumah ini di terapkan arsitek bertujuan untuk memanfaatkan kondisi site yang berkontur, dengan pengaturan cut and fill pada site menciptakan beberapa sifat ruang sekaligus sebagai pemisah fungsi ruang serta menjaga nilai privasi penghuninya.

Split level di Bagi menjadi 4 level yang level masing-masing berbeda-beda sifat ruangnya. Pada level Satu bersifat pelayanan publik yang di fungsikan sebagai ruang carport / garasi, tangga untuk ke level selanjutnya dan taman sebagai ruang terbuka serta penghijauan. Pada level dua bersifat public area ruangannya meliputi ruang tamu, reras dan ruang santai atau taman. Pada level tiga bersifat pribadi dan semi public, di level ini di buat ruang tidur tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur Yang terletak di bagian depan dan ruang tidur utama, ruang tidur anak, ruang kerja di bagian belakang. Pada level empat di buat Musollah sebagai tempat beribadah baik sendiri-sendiri maupun berjama'ah dan gudang penyimpanan.

Rumah Villa yang berdekatan dengan gunung Gamalama menjadi landasan ide bagi di arsitek dalam menciptakan dan mengatur ruang-ruang di dalam rumah yang sedianya setiap ruang mendapatkan perspektif keindahan gunung Gamalama langsung.




Komentar

Postingan Populer